Senin, 23 Juli 2012 | By: Ahmad's

Proposal Bisnis


Proposal  Bisnis
Maxi Print and Desaign

Makalah
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstruktur Mata Kuliah
Kewirausahaan












Oleh :
Ahmad Sutisna
( 120 940 3005 )

JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012 M / 1433 H


I. Pendahuluan

Sebuah bentuk usaha baik itu usaha kecil, menengah ataupun usaha tingkat atas mayoritas memerlukan sebuah desain untuk merepresentasikan bentuk usaha tersebut. Oleh karena itu sangat dibutuhkan seorang designer untuk dapat merealisasikan desain apa yang diinginkan oleh para pelaku usaha dan kegiatan.Saat ini kita tahu bahwa belum banyak seorang designer sukses yang berasal dari indonesia. Banyak pelaku usaha dan kegiatan yang lebih percaya pada kemampuan designer yang berasal dari luar negeri. Tak jarang seorang designer indonesia mendapatkan upah murah kerena dinilai tidak selevel dengan designer luar negri dan dipandang sebelah mata.
Suatu hobi dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika diiringi dengan niat dan usaha untuk mempublikasikan bentuk hobi kita sebagai bentuk hobi yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun tak banyak orang menyadari hal itu. Dalam hal ini seorang designer, tidak sedikit pemuda indonesia yang mulai menekuni bidang desain dan menjadikannya suatu hobi. Namun tidak banyak dari mereka yang menyadari bahwa hobi dan kemampuannya itu dapat berharga mahal dan bermanfaat bagi masyarakat. Padahal output designer cukup banyak, seperti logo, kartunama, kop surat, web banner, dan produk lainnya. Oleh karena itu, kami mendirikan usaha dibidang jasa desain online dengan nama
Maxi P Design dengan tagline
 “ Design berkualitas, Service cepat, Harga bersahabat “


II. Profil Bisnis
Nama Bisnis : Maxi P Design
Jenis Bisnis : Jasa Desain Logo, Web Banner, Poster, Spanduk dll
Pemilik : 
Alamat : -
Contact : 085624143006
Keterangan : Maxi P Dsaign adalah sebuah jasa desain yang bekonsentrasi pada desain logo, spanduk, Banner dll.
logo suatu usaha ataupun kegiatan. Selain desain logo, kami jugamemberikan layanan desain lain nya seperti desain Banner untuk Website, Kartu Nama, Kop surat, icon, dll.Berikut adalah layanan-layanan dan pembuatan spanduk :

Ø  Logo Design
Ø  Pembuatan Spanduk
Ø  Business Card
Ø  Banners
Ø  T-shirt Design
Ø  Poster
Ø  Photo Editing
Ø  Software Layout
Ø  Dll

Kami di Maxi P Design menawarkan kepada klien desain yang berkualitas, service yang cepat dan dengan harga yang bersahabat, yang kam idedikasikan untuk usaha-usaha baru dan berkembang yang memang membutuhkan bantuan kami,hal ini tentu dapat mengurangi biaya dibandingkan jika memperkerjakan seorang designer ataupun konsultan design
Usaha kami ini sangat mengandalkan kemampuan dan kreativitas sebagai kunci utama nya. Konsep 100% online kami terapkan dalam usaha ini sehingga kami dapat lebih mempromosikan lebih luas tidak mencakup disuatu tempat saja, selain itu dengan menerapkan konsep online ini kami dapat mendapatkan para klien yang berada di wilayah manapun, baik didalam maupun luar negeri.

III. Manajemen Tim
 
Nama
Jabatan
Nilai Lebih
Pengalaman


Memiliki keahlian dalam bidang Web dan juga keahlian dalam mendesain gambar dengan menggunakan software-software graphic
Dipercaya diberbagai kegiatan kampus untukm emegang posisi yang berkaitan dengan Web dan Desain


Memiliki keahlian dalam desain gambar baik menggunakan software maupun tangan. Jugamampu meyakinkan oranglain.
Menguasai bidang marketing Pernah memenangkan beberapa kontes logo diinternet.


IV. Analisa Bisnis

Target Market :
·         Pengusaha di manapun dan bidang apapun.-
·         Kegiatan kepanitian yang membutuhkan desain (Poster, Logo, dll)-
·         Website-website yang baru yang membutuhkan pembuatan
·         web banner.
·         Para Consultant IT yang membutuhkan desain layout Software maupun Icon Program.

Marketing Strategy :
·         Dalam menjalankan bisnis ini, kami menggunakan beberapa cara pemasaran yakni :-
·         Mengikuti berbagai kontes desain baik logo ataupun yang lain di dalam maupun luar negeri.-
·         Menawarkan produk melalui berbagai komunitas dunia maya seperti : Kaskus, Facebook dan lain-lain-
·         Menggunakan SEO (search engine optimization)
·         Membuat iklan gratis maupun premium di internet-
·         Mengirimkan email-email ke para pengusaha yang baru dan mulai berkembang.-
·         Memberikan Paket paket desain agar lebih cocok dan sesuai dengan keinginan klien.


Analisa SWOT :
Strength
1.      Penuh dengan ide yang unik dan menarik.
2.      Memiliki hobi mencari referensi terkait dengan produk (logo, web banner, dll )dalam rangka mencari ide desain baru
3.      Produk kami memiliki eksklusivitas, dimana hanya terdapat satu desain dalam satu produk.
4.      Transaksi Online kami terapkan sehingga memudahkan konsumen yang berada di wilayah manapun.
5.      Konsep Paket Desain , sehingga klien dapat lebih mudah memilih.
6.      Desain yang dihasilkan dapat sesuai dengan orderan konsumen, sehingga hasil produk akan sama seperti yang diinginkan konsumen.
7.      Harga sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kompetitor lain.

Weakness
1.      Minimnya modal usaha
2.      Lisensi penggunaan aplikasi design yang cukup mahal

Opportunity
1.      Peluang usaha yang besar
2.      Termasuk kebutuhan yang cukup penting bagi para pengusaha baru dan berkembang.
3.      Banyak kegiatan kepanitiaan yang membutuhkan jasa desain untuk leaflet, poster, dll.
4.      Kompetitor usaha online sejenis masih sedikit.

Treat
1.      Klien biasanya hanya sekali melakukan pemesanan desain seperti desain logo
2.      Kreativitas desain harus terus baru
3.      Persaingan yang kuat dengan usaha yang sudah terkenal.


Peluang Bisnis :
ü  Pangsa pasar yang baik dan cukup luas
ü  Sering diadakannya kegiatan-kegiatan formal
ü  Produk yang dihasilkan merupakan suatu kebutuhan penting bagi para pengusaha baru.
ü  Indonesia memasuki Tahun dimana banyak para pengusaha muda bermunculan.
ü  Semakin berkembangnya industri IT yang memberikan dampak pada muncul nya website/blog baru yang bermunculan

V. Rencana dan Manajemen Keuangan

Investasi Awal
Laptop (Netbook ) 
Rp. 4.500.000
Software ( Original )
Adobe Photoshop CS 4
Rp. 7.000.000

Official Website
Design Website, Domain, Hosting
Rp. 1.500.000

Promosi 
SEO (Search Engine Optimization)
Iklan Internet & media cetak
4.500.000
Printer + Scanner 
Rp. 1.500.000
Buku/Ebook Referensi Design (lokal dan import ) 
Rp. 2.000.000
Modem Internet 
Rp. 1.500.000


TOTAL Rp. 22.500.000


Biaya Oprasional Per Bulan
Telepon
Rp. 100.000
Internet
Rp. 300.000
Listrik
Rp. 100.000
Total
Rp. 500.000

Biaya Oprasional Per Tahun
Biaya Bulanan x 12
Rp. 6000.000
Biaya Website Per Tahun
Rp. 500.000
Total
Rp. 6.500.000

 

Berdasarkan target laba yang kami sebutkan di awal yaitu Rp. 2.000.000 per bulan, kami telah menghitung waktu di mana akan terjadi breakevenpoint.
Untuk breakeven point akan didapatkan setelah usaha berjalan kurang lebih selama 1 tahun 3 bulan
.
Akan tetapi, bila bisnis ini dapat berjalan stabil pada 7 bulan pertama, maka keuntungan yang diperoleh bisa lebih dari Rp. 2.000.000 per bulan sehingga break even dan positive cash flows bisa dicapai dalam waktu yang lebih singkat. Untuk transparansi dan laporan keuangan yang akurat maka setiap transaksi akan dibuatkan jurnal dan selalu disimpan.Demikianlah rencana bisnis ini kami susun dalam rangka tahap pengembangan usaha bisnis kami. Semoga bisnis ini bisa lebih maju setelah danayang ada mencukupi untuk pengembangan bisnis ini. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih

Selasa, 03 Juli 2012 | By: Ahmad's
Human Relations

Ciri hakiki “Human Relations“, yaitu:
1.    Proses rohaniah yang tertuju kepada “kebahagiaan” berdasarkan watak, sifat, perangai, kepribadian, sikap, tingkah laku, dan lain-lain.
2.    Aspek kejiwaan yang terdapat pada diri manusia.
Proses rohaniah dengan perasaan bahagia ini berlangsung pada “Komunikasi Antar Personal”. Karena sifatnya “dialogis“, maka masing-masing tahu, sadar, dan merasakan efeknya.
Pengertian HAM Menurut Beberapa Pakar
1.    Cabot dan Kahl (1967): HAM adalah suatu sosiologi yang konkret karena meneliti situasi kehidupan, khususnya masalah interaksi dengan pengaruh dan psikologisnya. Jadi, interaksimengakibatkan dan menghasilkan penyesuaian diri secara timbal balik yang mencakup kecakapan dalam penyesuaian dengan situasi baru.
2.    H. Bonner (1975): interaksi adalah hubungan antara dua atau lebih individu manusia danperilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya.
3.    Keith Davis “Human Relation at Work” adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam situasi kerja dan dalam organisasi kekaryaan. Ditinjau dari kepimpinannya, yang bertanggungj awab dalam suatu kelompok merupakan interaksi orang-orang menuju situasi kerja yang memotivasi untuk bekerjasama secara produktif, sehingga dicapai kepuasanekonomi, psikologis dan sosial.
4.    Ferdinand Tonnies: menyatakan bahwa manusia dalam bermasyarakat mempunyai dua jenispergaulan yaitu: (1) Gemeinscaft, hal yang dialami oleh orang lain dirasakan sebagaimana terjadi pada dirinya olek karena pergaulannya yang sangat akrab. Sifatnya statis, pribadi, tidak rasional; (2) Gessellscaft, pergaulan yang mempertimbangkan untung dan ruginya sehingga anggota bebas keluar masuk dari kelompok tersebut.
HAM dalam arti luas :
Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasaan hati pada kedua belah pihak.
Suksesnya seseorang dalam melaksanakan “Human Relations” karena ia berkomunikasi secara etis, ramah, sopan, menghargai, dan menghormati orang lain.
Human Relations ini dilakukan dimana saja —> di rumah, pasar, kampus, toko, dalam bis, kereta api, dan sebagainya.
Kesimpulan:
Proses interaksi melibatkan perasaan, kata yang diucapkan dalam komunikasi, mencerminkan perasaan dan sikap, proses penyesuaian diri. Hubungan antar manusia secara luas mencoba menemukan, mengidentifikasi masalah dan membahas untuk mendapatkan pemecahan masalah.

Faktor yang Menentukan Interaksi Sosial
Cara seseorang melakukan interaksi sosial dengan menggunakan komunikasi antar individu ataukomunikasi interpersonal.
Faktor-faktor yang dapat menimbulkan hubungan personal yang baik antara lain:
1.    Rasa percaya.
2.    Sikap sportif.
3.    Sikap terbuka dan sikap tertutup.
Rasa Percaya
Secara ilmiah “percaya” didefinisikan mangandalkan perilaku orang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, yang pencapaiannya tidak pasti dan dalam situasi yang penuh resiko (Eiddin, 1967: 224-234).
Keuntungan rasa percaya kepada orang lain adalah meningkatkan komunikasi interpersonal(membuka saluran komunikasi, memperlancar pengiriman informasi, memperluas peluang mencapai tujuan); mengurangi hambatan interpersonal.
Faktor yang menumbuhkan rasa percaya adalah:
1.    Menerima, kemampuan berhubungan dengan orang lain tanpa menilai dan berusaha mengendalikan.
2.    Empati, paham dengan keadaan orang lain.
3.    Kejujuran, menyebabkan perilaku dapat diduga.
Sikap Sportif
Sikap yang mengurangi sikap melindungi diri (defensif) dalam komunikasi yang terjadi dalaminteraksi sosial. Jack R. Gibb mengemukakan enam perilaku yang menimbulkan sikap sportif.
Iklim defensif meliputi: evaluasi, kontrol, strategi, netralitas, superioritas dan kepastian. Sedangkan iklim suportif meliputi: deskripsi, orientasi masalah, spontanitas, empati, persaamaan dan profesionalisme.
1.    Evaluasi dan deskripsi. Evaluasi adalah penilaian terhadap orang lain, memuji atau mengecam. Deskripsi adalah penyampaian perasaan atau persepsi tanpa melakukan penilaian.
2.    Kontrol dan orientasi masalah. Perilaku kontrol artinya berusaha mengubah orang lain, mengendalikan, mengubah sikap, pendapat dan tindakannya. Orientasi masalah adalah mengkomunikasikan keinginan untuk bekerjasama mencari pemecahan masalah.
3.    Strategi dan spontanitas. Strategi adalah penggunaan tujuan atau manipulasi untuk mempengaruhi orang lain. Spontanitas artinya sikap jujur.
4.    Netralitas dan Empati. Netralitas adalah sikap impersonal, memperlakukan orang lain sebagai objek. Empati artinya memperlakukan orang lain sebagaimana mestinya.
5.    Superioritas dan persamaan. Superioritas artinya seseorang lebih tinggi karena status, kekuasaan, kemampuan, intelektual, kekayaan atau kecantikan. Persamaan adalah sikap memperlakukan seseorang secara horisontal dan demokratis.
6.    Kepastian dan Profesionalisme. Individu yang memiliki kepastian bersifat dogmatis, egois, dan melihat pendapatnya merupakan kebenaran yang mutlak. Profesionalisme adalah kesediaan meninjau kembali pendapat orang lain.
Sikap Terbuka dan Sikap Tertutup
Perbedaan karakteristik orang yang terbuka dan orang yang tertutup yaitu:
1.    Sikap terbuka: menilai pesan secara objektif dengan menggunakan data dan keajegan logika; membedakan dengan mudah, melihat suasana ; berorientasi pada isi pesan; mencari informasidari berbagai sumber; lebih bersifat profesionalisme dan berusaha mengubah kepercayaan; mencari pengertian pesan yang tidak sesuai dengan rangkaian kepercayaan.
2.    Sikap tertutup: menilai pesan berdasarkan motif; berpikir simplisis tanpa suasana; bersandar pada banyak sumber pesan daripada isi pesan; kaku dan memegang teguh sistem kepercayaan; menolak dan mengabaikan pesan yang tidak konsisten dengan sistem kepercayaan.

Kontak Sosial
Kontak sosial adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan terjadinya awal interaksi sosial.
Kontak sosial dibedakan:
1.    Cara pihak yang berkomunikasi; baik langsung maupun tidak langsung.
2.    Cara terjadinya; kontak primer maupun kontak sekunder.

Komunikasi Sosial
Proses komunikasi terjadi saat kontak sosial berlangsung. Secara harfiah komunikasi merupakan hubungan atau pergaulan dengan orang lain.
Teori Hubungan Antar Manusia
1.    Teori transaksi (model pertukaran sosial) – HAM berlangsung mengikuti kaidah transaksional.
2.    Teori peran – Pergaulan sosial sudah ada skenario yang disusun oleh masyarakat yang mengatur apa dan bagaimana peran tiap orang dalam pergaulannya.
3.    Teori permainan – Klarifikasi manusia terbagi menjadi tiga yaitu anak-anak, dewasa danorang tua. Masing-masing individu mempunyai sifat yang khas.
Konsep Diri
Definisi Konsep Diri menurut Wiiliam D. Brooks adalah those physical, social, and psychological perceptions of ourselves that we have derived from experiences and our interaction with others.
Konsep diri merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan dalam komunikasi antar pribadi. Kunci keberhasilan hidup adalah konsep diri positip. Konsep diri memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang, karena konsep diri dapat dianalogikan sebagai suatu operating sistem yang menjalankan suatu komputer. Konsep diri dapat mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Konsep diri yang jelek akan mengakibatkan rasa tidak percaya diri, tidak berani mencoba hal-hal baru, tidak berani mencoba hal yang menantang, takut gagal, takut sukses, merasa diri bodoh, rendah diri, merasa diri tidak berharga, merasa tidak layak untuk sukses, pesimis, dan masih banyak perilaku inferior lainnya.
Sebaliknya orang yang konsep dirinya baik akan selalu optimis, berani mencoba hal-hal baru, berani sukses, berani gagal, percaya diri, antusias, merasa diri berharga, berani menetapkan tujuan hidup, bersikap dan berpikir positip, dan dapat menjadi seorang pemimpin yang handal.
Komunikan yang berkonsep diri positip adalah Komunikan yang Tembus Pandang (transparent).Faktor yang mempengaruhi: orang lain, significant others, reference group.

Dua macam konsep diri adalah sebagai berikut :
1.    Konsep diri negatif: peka pada kritik; responsif sekali pada pujian; hiperkritis; cenderung merasa tidak disenangi orang lain; bersikap pesimitis pada kompetensi.
2.    Konsep diri positif: yakin akan kemampuan mengatasi masalah; merasa setara dengan orang lain; menerima pujian tanpa rasa malu; sadar akan keinginan dan perilaku tidak selalu disetujui oleh orang lain; mampu memperbaiki diri.
Hal-hal yang perlu dipahami tentang konsep diri adalah :
1.    Dipelajari melalui pengalaman dan interaksi individu dengan orang lain.
2.    Berkembang secara bertahap.
3.    Ditandai dengan kemampuan intelektual dan penguasaan lingkungan (positif).
4.    Negatif ditandai dengan hubungan individu dan sosial yang mal adaptif.
5.    Merupakan aspek kritikal yang mendasar dan pembentukan perilaku individu.
Hal-hal yang penting dalam konsep diri adalah :
1.    Nama dan panggilan anak.
2.    Pandangan individu terhadap orang lain.
3.    Suasana keluarga yang harmonis.
4.    Penerimaan keluarga
Komponen konsep diri adalah :
1.    Gambaran diri adalah sikap individu terhadap tubuhnya, baik sadar maupun tidak sadar. Meliputi : performance, potensi tubuh, persepsi dan perasaan tentang ukuran dan bentuk tubuh.
2.    Ideal diri adalah persepsi individu tentang perilakunya yang disesuaikan dengan standar pribadi yang terkait dengan cita-cita.
3.    Harga diri adalah penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan cara menganalisis seberapa jauh perilaku individu tersebut.
4.    Peran diri adalah pola perilaku sikap nilai dan aspirasi yang diharapkan individu berdasarkan posisinya dimasyarakat.
5.    Identitas diri adalah kesadaran akan diri pribadi yang bersumber dari pengamatan dan penilaian sebagai sintesis semua aspek konsep diri sebagai sesuatu yang utuh.

Teori Johary Windows
Hubungan antara konsep diri dan membuka diri dapat dijelaskan dengan Johari Window. Penjelasan Johari Window tentang tingkat keterbukaan dan tingkat kesadaran tentang diri kita.
Joseph Luft dan Harrington Ingham, mengembangkan konsep Johari Window sebagai perwujudan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain yang digambarkan sebagai sebuah jendela. ’‘Jendela’’ tersebut terdiri dari matrik empat sel, masing-masing sel menunjukkan daerah self (diri) baik yang terbuka maupun yang disembunyikan. Keempat sel tersebut adalah daerah publik, daerah buta, daerah tersembunyi, dan daerah yang tidak disadari.
Open area adalah informasi tentang diri kita yang diketahui oleh orang lain seperti nama, jabatan, pangkat, status perkawinan, lulusan mana, dll. Ketika memulai sebuah hubungan, kita akan menginformasikan sesuatu yang ringan tentang diri kita. Makin lama maka informasitentang diri kita akan terus bertambah secara vertikal sehingga mengurangi hidden area. Makin besar open area, makin produktif dan menguntungkan hubungan interpersonal kita.
Hidden area berisi informasi yang kita tahu tentang diri kita tapi tertutup bagi orang lain.Informasi ini meliputi perhatian kita mengenai atasan, pekerjaan, keuangan, keluarga,kesehatan, dll. Dengan tidak berbagi mengenai hidden area, biasanya akan menjadi penghambat dalam berhubungan. Hal ini akan membuat orang lain miss komunikasi tentang kita, yang kalau dalam hubungan kerja akan mengurangi tingkat kepercayaan orang.
Blind area yang menentukan bahwa orang lain sadar akan sesuatu tapi kita tidak. Misalnya bagaimana cara mengurangi grogi, bagaimana caranya menghadapi dosen A, dll. Sehingga dengan mendapatkan masukan dari orang lain, blind area akan berkurang. Makin kita memahami kekuatan dan kelemahan diri kita yang diketahui orang lain, maka akan bagus dalam bekerja tim.
Unknown area adalah informasi yang tidak diketahui oleh orang lain dan diri kita. Sampai kita dapat pengalaman tentang sesuatu hal atau orang lain melihat sesuatu akan diri kita bagaimana kita bertingkah laku atau berperasaan. Misalnya ketika pertama kali seneng sama orang lain selain anggota keluarga kita. Kita tidak pernah bisa mengatakan perasaan “cinta”. Jendela ini akan mengecil sehubungan kita tumbuh dewasa, mulai mengembangkan diri atau belajar dari pengalaman.
Daerah publik adalah daerah yang memuat hal-hal yang diketahui oleh dirinya dan orang lain. Daerah buta adalah daerah yang memuat hal-hal yang diketahui oleh orang lain tetapi tidak diketahui oleh dirinya.