Zais, (1986:317)
mengemukakan bahwa pendidikan dapat diartikan sebagai proses memperluas
kepedulian dan keberadaan seseorang menjadi dirinya sendiri, atau proses
mendefinisikan dan meredefinisikan keberadaan diri sendiri di tengah-tengah
lingkungannya. Sedangkan Pelatihan dapat diartikan sebagai proses di mana para
instruktur memanipulasi peserta dan lingkungan mereka dengan cara-cara tertentu
sehingga peserta mampu menguasai perilaku yang diinginkan.
Melengkapi pendapat tersebut di atas, menurut Wexley and Yukl (1995:301) menyatakan “pelatihan adalah proses di mana pekerja mempelajari keterampilan, sikap dan perilaku yang diperlukan guna melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif”.
Melengkapi pendapat tersebut di atas, menurut Wexley and Yukl (1995:301) menyatakan “pelatihan adalah proses di mana pekerja mempelajari keterampilan, sikap dan perilaku yang diperlukan guna melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif”.
Sesuai dengan definisi
di atas, perbedaan esensial antara Pendidikan & Pelatihan terletak pada
tujuannya. Program pelatihan memiliki sasaran dan tujuan yang jelas sehingga
pesertanya dianggap sebagai bahan baku yang perlu diproses agar menjadi produk
yang sudah direncanakan. Pendidikan pada sisi lain, lebih ditekankan pada aspek
memanusiakan manusia. Mengingat manusia memiliki aneka ragam potensi, maka
proses Pendidikan & Pelatihan ini dapat pula diterapkan secara beragam.
Pandangan di atas tidak
jauh berbeda dengan pendapat Brown, (1989:161), yang menyatakan bahwa
”pendidikan bertujuan untuk memberikan pengetahuan, sedangkan pelatihan
bertujuan pada perbaikan perilaku”. Sesuai dengan pendapat ini maka pelatihan
harus lebih tertata dari pada pendidikan sebab pengetahuan dapat di transfer
kapan saja. Sedangkan pelatihan harus disusun secara sistematis dan skematis
agar sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan baik.
Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan & pelatihan sebagai proses memanusiakan manusia dan membekali pesertanya dengan keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerjanya.a
Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan & pelatihan sebagai proses memanusiakan manusia dan membekali pesertanya dengan keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerjanya.a
0 komentar:
Posting Komentar