Selasa, 27 Maret 2012 | By: Ahmad's

Visi Misi HMJ-MD


Sekapur Sirih
Assalamu'alaikum wr.wb
            Alhamdulillahiladzi an'ama alaina bini'matil iman wal islam, Washalatu wasalamu 'ala syaidina Muhammadin khoeril anam, wa 'ala alihi wa shohbihi ila yaumil qiyam (amaba'du).
            Salam Silaturahim, teriring do'a saya ucapkan kepada seluruh mahasiswa manajemen dakwah, yang bergerak dalam satu perjuangan sebagai insan akademis dan spiritual demi membangun negri tercinta dan khususnya memberikan citra baik bagi jurusan tercinta manajemen dakwah ini.
            Segala puji dan Syukur bagi Allah SWT, yang memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita masih bisa menjalankan segala aktifitas yang menghadang kita setiap waktu. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW. Sang manusia sempurna yang membawa perubahan bagi umat manusia liyukhrija min dzulumati ilannur, serta keluarga dan sahabat-sahabatnya sampai kepada umatnya.
Visi dan Misi HMJ-MDi d
Visi :
Menjadikan HMJ-MD sebagai wadah untuk mengakomodasi aspirasi dan kepentingan mahasiswa MD serta sebagai sarana pengembangan pendidikan non-akademik guna peningkatan sumberdaya mahasiswa MD secara keseluruhan.

Misi :
HMJ-MD periode sekarang akan senantiasa menyelenggarakan kegiatan yang mendukung terbentuknya Mahasiswa MD menjadi kaum intelek yang kreatif, mempunyai daya nalar dan rasa sosial yang tinggi dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan serta keorganisasian.

Target Prestasi Organisasi :
1.    HMJ-MD dikenal oleh lingkungan eksternal.
2.    Memberikan pelayanan bagi anggota dan kader dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia.
3.    Sebagai HMJ percontohan.
Cara mencapai :
1.    Mengadakan seminar, pelatihan, lomba, yang berhubungan dengan kebutuhan 
2.    Menyediakan wadah belajar dan berdiskusi bersama.
3.    Menyelenggarakan Study Banding ke HMJ di Universitas lain.



TUJUAN VISI DAN MISI
·      Tujuan dari Visi :
“ Menjadikan HMJ-MD Sebagai Asfiratif dalam sosial kemasyarakatan kampus yang menumbuhkembangkan mahasiswa MD sebagai insan akademik yang berintelektual dan spiritual serta berkontribusi kepada masyarakat masa depan yang professional ”
Menjadi organisasi yang progresif dan proaktif dalam membina, memberdayakan, dan membangun karakter masyarakat MD “
“  Menjadikan HMJ-MD sebagai wadah pembentukan mahasiswa(i) MD menjadi kaum intelek yang kreatif serta dapat berpikir secara rasional dan cerdas.

·      Tujuan dari Misi :
1.    menumbuhkembangkan mahasiswa yang peduli pendidkan dan lingkungan
2.    menjadikan HMJ-MD sebagai wadah pengembangan potensi dan kreativitas serta kemajuan mahasiswa dalam segala bidang
3.    mewujudkan mahasiswa yang religius dan ilmiah serta mampu memberikan kontribusi positif  kepada masyarakat kampus maupun masyarakat luas khususnya kepada Manajemen Dakwah
4.    Membangun komunikasi dan koordinasi yang baik antar lembaga.
5.    Membantu visi dan misi HMJ-MD.
6.    Membuka link yang banyak.
7.    Membuka pintu lebar-lebar, menerima kritik dan saran dari 
8.    Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa MD.
9.    Memacu kreativitas, aktivitas, dan profesionalisme mahasiswa MD.
10.         Memajukan pendidikan warga MD .
11.         Sebagai tempat aspirasi bagi mahasiswa MD.
12.         Menyelenggarakan program kerja yang dapat menunjang tercapainya visi.

·      Pembahasan :
wadah untuk mengakomodasi aspirasi dan kepentingan mahasiswa MD”
HMJ sebagai satu-satunya wadah resmi Organisasi Intra di Universitas, tentu memiliki kewajiban untuk menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan kepentingan seluruh elemen yang berada di dalam naungannya. Keseluruhan proses dan fungsi ini saya rangkum ke dalam satu kata yaitu“mengakomodasi" yang berarti mencakup keseluruhan proses yang terjadi. 
Penggalan kalimat ini pula, saya harap tidak hanya menjadi kalimat formalitas, akan tetapi menjadi fungsi dan kontribusi nyata bagi HMJ-MD dalam memfasilitasi aspirasi dan kepentingan mahasiswa MD, melalui perangkat, fasilitas, dan program kerja yang ada.
sarana pengembangan pendidikan non-akademik”
Penggalan kalimat yang kedua ini, menjadi back up tujuan HMJ-MD dalam membagun suasana pembelajaran yang lebih baik ke depannya untuk meningkatkan gizi intelektual. Pendidikan yang bersifat akademik saja belum cukup untuk mewujudkan sistem pembelajaran yang optimal. Kebutuhan akan pendidikan non-akademik berjalan seperti hal nya kedua sisi uang logam, mustahil dipisahkan diantara kedua sisinya. Artinya baik pendidikan akademik maupun pendidikan non-akademik harus berjalan beriringan, menopang satu sama lain, bukan substitusi.
Oleh karena itu, HMJ dalam hal ini berperan sebagai organisasi kemahasiswaan terdepan yang menjadi wadah untuk mengembangkan pendidikan non-akademis, antara lain, segala keperluan dan pengetahuan mengenai keorganisasian, kepemimpinan, kekeluargaan, kemampuan komunikasi, pembawaan diri, integritas, loyalitas, pengabdian, dan tanggung jawab. 
Keseluruhan nilai tersebut harapannya menjadi pegangan dan meresap ke dalam diri setiap mahasiswa manajemen, dalam menjalani keseluruhan proses pembelajaran di kampus ini. Dan tentunya nilai-nilai tersebut juga dapat menjadi bekal yang bermanfaat di kehidupan mahasiswa MD di masa yang akan datang.
peningkatan sumberdaya manajemen secara keseluruhan”
Dan kemudian,penggalan kalimat terakhir ini menjadi target keseluruhan usaha dan proses yang kita jalani. Semata-mata demi mewujudkan sumberdaya mahasiswa MD, yang mencakup sumberdaya manusia, perangkat organisasi, optimalisasi fasilitas dan program kerja, yang lebih baik ke depannya.
Akhir kata, saya berharap visi dan misi ini, dapat memotivasi masing-masing kita untuk berbuat sesuatu, mulai sadar dan peduli terhadap lingkungan manajemen secara keseluruhan. Karena sesungguhnya optimalisasi kinerja berawal dari kepedulian masing-masing elemen di dalamnya. Konflik dan hambatan yang mungkin terjadi di depan, saya harap tidak akan menjadi penghalang untuk masing-masing dari kita untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi ini, untuk membawa HMJ-MD ke arah yang lebih baik.

*Semua itu hanyalah mimpi-mimpi belaka dan tidak akan terealisasi tanpa dukungan-dukungan dari semuanya.
Wallahul Muwafiq Illa Aqwamitharieq
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ahmad Sutisna
(Ketua HIMA-J MD  2011-2012)

0 komentar:

Posting Komentar