Jumat, 28 Juni 2013 | By: Ahmad's

All About PERMATA Bdg

PERMATA BANDUNG
( Organisasi, Mahasiswa, dan Politik )

Seasion 1....
2008 lalu aku haya seorang pekerja di salah satu mini market di Indonesia, lebih tepatnya yaitu Alfamart. Aku tidak tahu menahu tentang persoalan apa itu politik, apa itu organisasi dan apa itu mahasiswa ? dan pada akhirnya waktu berubah dan merubah segala rutinitas dan kehidupanku. 
2009 lalu aku mendaftar di salah satu perguruan tinggi di Indonesia yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan akhirnya aku tercatan menjadi salah satu Mahasiswa disana.
Tahun 2009 aku mengikuti salah satu organisasi kedaeraha yaitu PERMATA Bandung ( Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta ) Bandung. yaitu organisasi kedaerahan yang bertujuan untuk menghimpun mahasiswa asal purwakarta yang kuliah di pergurruan tinggi yang ada di Bandung. yang memiliki asas kekeluargaan dan intelektualitas tinggi. Aku tercatat sebagai anggota PERMATA pada thn 2009 sembilan setelah melalui proses orientasi yang biasa dilakukan di PERMATA yaitu tepatnya opab PERMATA yang di laksanakan di Ciwidey Bandung Jawa Barat. Di situ aku mendapat banyak pengetahuan tentang mahasiswa dan organisasi serta informasi tentang kedaerahan.
Dan Sekarang aku tahu apa itu persoalana politik, organisasi dan mahasiswa. Politik pada dasarnya yaitu untuk mensejahterakan rakyat/masyarak terlepas dari ambisi pribadi, namun pada kenyataannya berbeda. dan Organisasi adalah suatu wadah yang menghimpun seseorang untuk mencapai tujuan dari Organisasi itu Sendiri, Sedangkan Mahasiswa dalam peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990 adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu. Selanjutnya menurut Sarwono (1978) mahasiswa adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18-30 tahun.
Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi. Mahasiswa juga merupakan calon intelektual atau cendekiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali syarat dengan berbagai predikat. Ada juga yang mengatakan bahwa mahasiswa adalah Agent of Change atau agen perubahan yang akan merubah kondisi bangsa ke arah yang lebih baik.
Pengertian itu yang aku dapatkan dari hasil diskusi di sebuah organisasi kedaerahan.
Antara Organisasi, Mahasiswa dan Politik tidak bisa di pisahkan, karena mahasiswa adalah insan akademik serta mahluk sosial yang setiap saat akan berhubungan dengan makhluk lainnya. 

Bersambung............

0 komentar:

Posting Komentar