Jumat, 25 Maret 2011 | By: Ahmad's

karakter diri

Mencoba untuk mengenali karakter pribadi diri sendiri, sifat apakah yang paling dominan melekat pada diriku. Melankoliskah, Plegmatiskah, atau Sanguinis dan Koleris. Mulai menelaah sifat-sifat yang dominan dari diriku ternyata dari ke-Empat kategori itu point-poin di dalamnya ada dalam kepribadianku, baik itu sifat dasar juga kelemahan yang ada di dalamnya.
Pertama kategori sifat Sangunis ada dalam pribadiku yaitu dengan ciri Fun dan Butuh Kasih Sayang,Perhatian dan Persetujuan. Itu ada dalam pribadiku karena pasti setiap orang membutuhkan kesenangan dan kasih sayang dari orang lain juga kelemahan dalam kategori ini ada pada pribadiku yaitu tidak teratur dan terorganisasi, mudah beralasan tapi tidak menyerahkan pekerjaan pada orang lain. Contoh sikap yang sesuai dalam kategori ini yaitu pengalamanku ketika ada suatu masalah yang tidak bisa saya selesaikan/ pekerjaan rumah yang tidak dikerjakan pasti banyak alasan-alasan yang muncul dan dilontarkan begitu saja. Pekerjaan yang tidak terselesaikan itu terjadi karena memang dalam pribadiku mungkin ada sifat tidak teratur dan terorganisir. Mudah-mudahan untuk detik ini dan hari yang akan datang aku bisa lebih tertur dan baik dari hari sekarang.
Kategori ke-2 yaitu karakter pribadi Koleris juga sebagian poin-poin di dalamnya ada pada sifatku dengan ciri mendasar yaitu keinginan kuat untuk mengontrol dan mengatur. Inilah sifat yang aku inginkan yaitu bisa mengontrol diri dan mengatur diri agar lebih terencana dan terarah juga teratur dan disiplin. Karena sipatku yang tidak teratur da terorganisasi maka dalam diriku timbul keinginan yang kuat untuk mengontrol dan mengatur diri tapi bukan mengatur orang lain, walaupun itu mungkin terbesit keinginan dalam benaku untuk bisa mengontrol dan mengatur orang lain. Kelemahan dalam kategori ini tidak terdapat padaku.
Ternyata pada kategori ke-3 pun yaitu kategori karakter Plegmatis sebagian poin ada pada pribadiku yaitu sifat tidak suka konflik/suka damai. Aku salah satu orang yang sangat membenci konflik dan sangat suka kedamaian karena menurutku konflik tidak akan menyelesaikan permasalahan bahkan akan memperkeruh dan memperpanjang permsalahan. Selain suka damai aku juga butuh rasa hormat yaitu ingin merasa dihormati oleh orang lain tapi bukan dalam artian gila kehormatan atau gila hormat tapi ingin dianggap ada dan disegani oleh orang lain. Tertekan bila mendapat tanggung jawab. Sifat inilah yang ada dalam diriku yaitu jika terkena suatu maslah batin ini merasa tertekan dan butuh cukup lama untuk menyelesaikan masalah tersebut dan butuh suatu dorongan/motivasi yang lebih untuk menyelesaikan masalah itu.
Poin-poin terakhir dari kategori melankolis ada pada sifatku yaitu tertekan bila tidak mencapai standar, ya sifatku selalu ingin mencapai suatu standar atau ingin lebih baik dan lebih maju yaitu berprestasi jika hasil pekerjaanku tidak mencapai suatu standar aku akan merasa tertekan akan tetapi tekanan itu mendorongku untuk lebih baik kedepannya. Aku juga sangat ingin dipahami dan dimengerti juga kelemahan yang ada dalam kategori ini dimiliki oleh sifat ku yaitu suka pilih-pilih teman, perlu waktu banyak untuk mempersiapkan, terlalu terpusat pada rincian dan cenderung mencurigai orang lain.
Mungkin itulah karakter yang ada dalam pribadiku, entah kategori mana yang paling dominan dalam karakterku, orang lain mungkin akan menilai berbeda dengan penilaianku terhadap diri pribadi. Tapi itu mungkin menjadi bahan renungan untuk mengevaluasi diri agar lebih baik suatu saat nanti.

0 komentar:

Posting Komentar