Jumat, 25 Maret 2011 | By: Ahmad's

theree theory Need

Mencoba untuk menuangkan isi hati dalam sebuah tulisan, memulai tanpa tau isi apa yang akan di torehkan, tapi keinginan ini sangat kuat untuk menuliskan apa yang ada di benak saya,keinginan ini tak bisa di bendung lagi setelah mendapat motivasi dari salah satu senior saya kg.nana suryana,dan membaca beberapa catatannya.


Saya bingung ingin memulai dari mana dan tidak tau judul apa yang pantas dalam catatan saya ini,saya harap yang membaca catatan ini dapat memberikan kritik dan saran bagi saya,dan judul apa yang pantas dalam catatan ini

Teringat kata-kata seorang dosen Bp.Saeful Anwar,beliau berkata “Memulai adalah sesuatu yang sangat sulit,dibandingkan dengan meneruskan”. Seperti halnya kita memulai suatu usaha. Memang benar ternyata memulai itu lebih sulit daripada meneruskan,itu yang memang kurasakan saat ini. Akan tetapi dengan dogma seperti itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk megubah paradigma itu, yaitu “Memulai sesuatu yang baik itu menyenangkan”.

Mengutip sebuah ungkapan motivasi dari Stephan Rabin “Pekerjaan yang menantang mental,akan menghasilkan kepuasan tersendiri”. Semoga itu menjadi langkah awal bagi saya yang awam dan masih dhaif dalam memahami suatu ilmu. Sedikit membaca dalam bukunya McChlalland dalam Three Theory Need nya,analisis saya dalam theory itu pertama yaitu manusia pada dasarnya ingin berprestasi (Achievment), memang itu yang akan semua orang rasakan dalam segala hal,sifat yang paling mendasar dalam manusia yaitu ingin menerima penghargaan (Reward),ingin selalu di besar-besarkan,dan cenderung ingin di puji.

Sedikit Mengutip sebuah tulisan nana suryana :”duuh kenapa manusia senang dipuja? apakah karena manusia mewarisi sifat asmaul husna, al khabir? maha besar? ya manusia suka kebesaran, dipuja dan disanjung, asal jangan mendominasi... seperti ruh-Nya yang ditiupkan padaku.” ya memang itu juga dirasakan olehku dan mungkin oleh semua orang yang selalu ingin di puji, padahal apa yang kita punya adalah segalanya milik-Nya,apa yang harus kita banggakan dalam diri ini,jasad dan ruh kita adalah milik-nya, dan kelak akan kembali kepadanya.

Sifat yang kedua yaitu manusia pada dasarnya ingin memiliki hubungan yang harmonis (Afiliation), hubungan yang harmonis sesama manusia sangat dibutuhkan oleh semua orang, walaupun kita ketahui banyak sekali pertikaian-pertikaian di bumi ini, namun dalam hati kecilnya mereka sangat menginginkan kehidupan yang tentram,kesjahteraan,dan ketenangan jiwa, dan semua itu tidak akan di dapat jika tidak ada hubungan yang harmonis antara sesama makhluk ciptaan-Nya yaitu manusia. Hubungan yang harmonis sangat di perlukan dalam setiap saat seperti dengan keluarga, sanak saudara, sahabat, kawan, dan pasangan kita sekalipun.

Banyak ayat-ayat yang mensabdakan bahwa Tuhan itu Maha Pengasaih lagi Maha Penyayang. Dan itu ada dalam Asma Al -Husna. Kita sebagai makhluk ciptaan-Nya seharusnya memiliki sifat-sifat yang dimiliki Allah yaitu pengasih dan penyayang, dengan sifat-sifat seperti itu pasti hubungan yang harmonis akan terjalin bagi sesama makhluk ciptaan-Nya. Baik hubungan kita dengan Khalik ( Hablum MinaLLah), baik hubungan kita dengan Manusia (Hablum MinaNas), juga hubungan kita dengan Alam (Hablum minalAlam).

Sifat ketiga dalam theory McClellan yaitu kekuatan/kekuasaan (Power). Setelah manusia berprestasi dan mendapatkan hubungan yang baik dengan orang lain (relasi) sifat ingin berkuasa pasti akan terbesit dalam benaknya. Tetapi power yang timbul yaitu power agar menjaga terjalinnya hubungan yang harmonis. AkanteTapi pada kenyataannya berlainan Rasa ingin dihargai dan dimengerti mendorong manusia menjadi ingin berkuasa. Memang itu tidak dapat dipungkiri, banyak fakta-fakta sejarah yang membuktikannya, seperti banyaknya rezim-rezim yang terjadi, monarkisasi akibat adanya ingin selalu berkuasa. Yang menganggap bahwa dirinyalah yang paling benar.

Itulah sekilas tentang Theory Three Need (McClellan) yang dapat saya analisis.
Semoga Allah mengampuni segala keKhilafan dan keDhaifan saya.
Semoga Allah membukakan pintu Ilmu dari segala penjuru kepada kita.

0 komentar:

Posting Komentar