Sabtu, 26 Maret 2011 | By: Ahmad's

PENGERTIAN ADMINISTRASI DALAM BEBERAPA BENTUK


Dilihat dari segi bentuknya administrasi dapat diartikan sebagai berikut :

Arti Administrasi Secara Etimologis
Secara etimologis istilah administrasi berasal dari bahasa Inggris dari kata administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. Kata to administer sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakkan). Maka secara etimologis dapat diartikan sebagai kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi mengelola manusia, mengelola harta benda ke arah satu tujuan yang terhimpun dalam organisasi.

Administrasi Dalam Arti Sempit
Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencacatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungan satu sama lain.

Administrasi dalam Arti Luas
Untuk dapat memahami arti administrasi dalam arti luas, perhatikan definisi seperti ini.
Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu. (The Liang Gie, 1980).
Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerja sama demi tercapainya tujuan yang di tentukan sebelumnya. (Sondang P. Siagian, 1980).
Dengan demikian dapat dirumuskan suatu batasan tentang administrasi yaitu kegiatan kerja sama yang di lakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana di tentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumberdaya-sumberdaya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

PENTINGNYA STUDI ADMINISTRASI

Pentingnya studi dan peranan administrasi juga di sebabkan:
  1. Dalam kehidupan masyarakat modern, terjadi perubahan pola kehidupan di segala bidang menjadi pola kehidupan berdasarkan kerja sama keorganisasian.
  2. Pola kehidupan keorganisasian (organizational life) ini berkaitan dengan pola kehidupan modern dan cara berpikir serta bekerja secara rasional.
  3. Cara berpikir dan bekerja secara rasional ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
  4. Cara berpikir modern dan bekerja secara rasional di maksudkan untuk menghasilakan keefektifan dan keefesienan pencapaian tujuan.
  5. Berpikir dan bekerja rasional dengan teknologi modern dan dengan pola kehidupan berorganisasi modern ke arah efisiensi dan efektifitas memerlukan administrasi. (adaptasi dari Prajudi Atmosudirdjo, 1980). 

0 komentar:

Posting Komentar